KOMPAS.com - Bagi pebisnis, utamanya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang memasarkan produknya secara online, jasa pengiriman adalah kunci kelancaran bisnis.
Meski bukan satu-satunya faktor kesuksesan, jasa tersebut bak perpanjangan tangan bagi mereka untuk membuat produknya sampai ke tangan pelanggan.
Oleh karena itu, wajar kalau pada akhirnya mereka harus mempertimbangkan betul saat memilih jasa pengiriman. Salah langkah sedikit, bisnis yang susah-susah dibangun akan menjadi taruhannya.
Baca juga: Ultah Ke-5 J&T Express, Mengintip Kisah Para Pemimpi yang Harapannya Terwujud
Penting bagi mereka untuk memperhatikan kualitas layanan jasa pengiriman. Setidaknya, ada empat hal yang perlu diketahui pebisnis online untuk menentukan penyedia layanan pengiriman mana yang akan digunakan olehnya.
1. Tepat waktu
Pastikan jasa pengiriman tersebut mampu mengirimkan barang tepat waktu. Hal ini adalah kriteria utama sebelum menjatuhkan pilihan jasa pengiriman barang yang hendak dijadikan mitra.
Pebisnis bisa melihat bagaimana track record dari jasa pengiriman barang tersebut. Caranya, dengan berdiskusi pada sesama pebisnis atau teman-teman yang pernah menggunakan jasa layanan pengiriman barang yang hendak dipilih.
Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email
Selain itu, cari informasi di internet mengenai keluhan pelanggan. Di era keterbukaan informasi seperti ini, tak sulit mencari informasi tersebut. Ini bisa jadi acuan Anda untuk memutuskan memilih jasa pengiriman tersebut atau tidak.
2. Biaya layanan
Dalam menjalankan bisnis, faktor harga layanan pengiriman barang juga harus jadi pertimbangan penting. Pasalnya, sekecil apa pun tambahan biaya, termasuk beban jasa pengiriman, akan menjadi faktor penentu bagi konsumen untuk memutuskan jadi membeli barang.
Baca juga: Capai 20 Juta Paket Pengiriman, J&T Express Catat Rekor di Harbolnas 12.12
Sering kali pelanggan mengurungkan keinginan membeli sebuah produk lantaran biaya kirimnya terlalu mahal.
Oleh karena itu, Anda dapat memberikan beberapa opsi pengiriman dengan harga yang bervariasi. Dengan begitu, konsumen dapat memilih jasa pengiriman yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.
3. Mengirimkan barang dengan aman
Bagi pelanggan, pengiriman barang secara cepat tidaklah cukup. Mereka juga akan mempertimbangkan faktor keamanan. Percuma jika barang diterima tepat waktu, tetapi dalam kondisi rusak.
Akan lebih baik jika perusahaan jasa pengiriman tersebut memiliki layanan tambahan seperti asuransi penggantian bila barang yang diterima konsumen rusak.
Baca juga: Terus Tumbuh Signifikan, Begini Masa Depan E-Commerce di Indonesia
4. Sistem tracking real time
Bagi pelanggan, hal ini hal penting. Pasalnya, fitur pelacakan ini time memudahkan mereka untuk mengetahui progres pengiriman barang yang dipesan.
Sebagai pertimbangan tambahan, cari juga jasa pengiriman yang kerap berinovasi terhadap layanannya. Inovasi yang dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman untuk mengikuti perkembangan zaman. Dengan begitu, jasa yang ditawarkan tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat, termasuk pebisnis.
Misalnya saja, J&T Express. Perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman barang tersebut baru saja meluncurkan layanan terbarunya sebagai wujud inovasi, yakni J&T Super.
J&T Super adalah jenis layanan pengiriman instan. Melalui inovasi ini, barang yang dikirimkan pada konsumen bisa tiba pada hari yang sama hingga kurang dari dua hari.
Baca juga: Berkat Digitalisasi, Zaman Sekarang Belanja Enggak Perlu Ribet…
Chief Executive Officer J&T Express Robin Lo mengatakan, permintaan layanan pengiriman serbacepat kini menjadi kebutuhan masyarakat, utamanya bagi mereka yang berada di wilayah yang padat penduduk. Demi memenuhi kebutuhan tersebutlah, J&T Express memutuskan untuk meluncurkan layanan itu.
Robin menyebutkan, gebrakan itu menjadikan layanan yang sudah ada pada J&T Express menjadi semakin lengkap.
"Kami mengembangkan layanan J&T Super dengan mengedepankan jaminan service level agreement (SLA) yang lebih cepat dan tepat,” ujar Robin dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (13/6/2021).
Dalam SLA, pengiriman paket di dalam kota yang dilakukan sebelum pukul 10.00 WIB kan sampai tujuan sebelum pukul 21.00 WIB pada hari yang sama.
Baca juga: Jajal Layanan Teranyar J&T Super, Barang Tiba di Tujuan Kurang dari Sembilan Jam
Sementara, pengiriman paket di dalam kota ataupun ke luar kota di atas pukul 10.00 WIB, akan sampai pada hari berikutnya sebelum pukul 12.00 WIB atau kurang dari 48 jam. Detail pengiriman selengkapnya dapat diakses melalui tautan ini.
Robin menjelaskan, layanan J&T Super memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya, jaminan perlindungan paket atau garansi tanpa biaya tambahan.
Adapun layanan proses klaim bisa diajukan dalam 1x24 jam. Pihak J&T Express juga akan menanggung pengembalian ongkos kirim 100 persen bila paket tidak diterima pelanggan sesuai ketentuan layanan.
Baca juga: Gelar J&T Fashion Show, J&T Express Berkolaborasi dengan 50 Brand
Sebelumnya, J&T Super telah lebih dulu beroperasi di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, dan Bogor (Jabodetabek) pada awal April 2021
Robin menyebut bahwa perusahaan tersebut mengalami peningkatan pengiriman yang signifikan, yaitu 50 persen pada akhir bulan kedua setelah diluncurkan.
Kemudian, mulai Selasa (15/6/2021), J&T Express menambah jangkauan layanan di lima kota besar, yaitu Jambi, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta.
“Melihat respons positif masyarakat, J&T Express memperluas layanan untuk menjangkau pelanggan di luar area Jabodetabek di lima kota. Lewat layanan ini, kami berharap, secara bertahap dapat menjangkau pengiriman ke seluruh Indonesia,” terang Robin.
Sebagai informasi, J&T Super saat ini dapat digunakan melalui transaksi pengiriman non-marketplace dan bisa dikirimkan melalui drop off dan pick up only dengan maksimal berat hingga 3 kilogram (kg).
Baca juga: Tingkatkan Efisiensi Pengiriman Paket, J&T Express Luncurkan Air Freighter
Saat peluncuran pertama kali, Kompas.com telah menjajal pengalaman memakai jasa pengiriman tersebut. Ulasan mengenai pengalaman tersebut bisa dibaca lewat artikel Jajal Layanan Teranyar J&T Super, Barang Tiba di Tujuan Kurang dari Sembilan Jam.
Sebelumnya, pada akhir 2020, J&T Express juga menambah layanan J&T ECO yang dikhususkan untuk pengiriman dengan harga ekonomis.
Selain itu, ada pula layanan penerimaan paket mandiri J&T Jemari (Jemput Paket Mandiri), yaitu kemudahan bagi pelanggan yang menginginkan pengambilan paket melalui drop point yang diinginkan.
Jalankan Bisnis Online, Ini Tips Pilih Jasa Pengiriman Barang agar Usaha Semakin Berkembang - Kompas.com - Kompas.com
Klik Disini Lajut Nya
No comments:
Post a Comment