KOMPAS.com - Dalam kehidupan manusia terjadi berbagai kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan, salah satunya adalah usaha.
Untuk membuat suatu usaha baik yang menyediakan barang ataupun jasa, manusia harus melihat peluang usahanya terlebih dahulu.
Dilansir dari Law Insider, peluang usaha adalah semua ide bisnis, prospek, perencanan, ataupun kesempatan lain untuk suatu usaha yang sedang dikembangkan atau akan dimulai.
Sehingga peluang bisnis adalah suatu proses identifikasi kesempatan untuk memulai bisnis yang baru.
Baca juga: Perbedaan Tenaga Kerja dan Angkatan Kerja
Kriteria memilih peluang bisnis
Bisnis tentu tidak akan lepas dengan istilah peluang usaha dan kewirausahaan. Untuk menentukan peluang bisnis, terlebih dahulu harus dilakukan analisa kriteria bisnis.
Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email
Analisis kriteria bisnis melingkupi analisa modal, analisa sektor usaha, analisa penghasilan, analisa prospek, dan analisa jam kerja. Berikut penjelasannya:
- Analisa modal adalah proses analisis sumber dan besar modal yang dimiliki. Apakah modal bersumber dari diri pribadi, menggunakan investor, atau melakukan kredit pada perbankan. Dalam analisis modal juga ditentukan seberapa banyak dana yang tersedia untuk menentukan skala dan jenis usaha yang akan dilakukan.
- Analisa sektor usaha adala proses menganalisis sektor usaha manakah yang akan dijalani. Dalam analisis sektor usaha harus dipilih jenis usahanya apakah pada bidang pertanian, perkebunan, industri makanan, pariwisata, industri tekstil, maupun kerajinan.
- Analisa penghasilan adalah proses menganalisi kemungkinan penghasilan yang akan didapatkan dari usaha. Dalam analisis penghasilan harus diingat bahwa usaha harus bisa memberikan keuntungan dan bukannya kerugian. Besar kecilnya keuntungan dan regulasi modal juga ikut diteliti dalam analisis ini.
- Analisa prospek adalah proses menilai apakah usaha yang telah dipilih memiliki prospek bagus atau tidak dimasa depan. Usaha yang bagus adalah usaha yang memiliki prospek cerah, di mana usaha dapat bertahan lama dan tetap diminati oleh konsumen di masa depan.
- Analisa jam kerja adalah analisis manajemen waktu dan tenaga kerja. Di mana jam kerja yang diterapkan harus efektif sehingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas tanpa harus mengalami kelelahan.
Baca juga: Hubungan Tenaga Kerja dengan Perekonomian Sebuah Negara
Cara mengidentifikasi peluang bisnis
Berikut adalah cara mengidentifikasi peluang bisnis agar bisa membangun atau mengembangkan bisnis dengan baik, yaitu:
- Menggali informasi
Mencari informasi dalah kunci utama dalam menemukan peluang usaha. Mencari informasi dapat dilakukan dengan menemukan tren apa yang sedng berkembang dan digandrungi dalam komunitasmu sendiri.
Dengan mencari informasi baik dengan membaca maupun berinteraksi, dapat ditemukan peluang bisnis dalam komunitas lokal yang sekiranya memiliki prospek bagus.
- Menggunakan pengalaman pribadi
Menggunakan pengalaman pribadi dapat menjadi peluang bisnis dengan latar belakang yang kuat.
Dilansir dari Entrepreneur, daripada menunggu orang lain menyelesaikan masalah diri pribadi maka lebih baik menyelesaikan masalah tersebut sebagai ide bisnis atau peluang usaha.
Misalnya seseorang yang memiliki kondisi kulit yang membuat berbagai makeup di pasaran mengiritasi kulitnya.
Baca juga: Ketenagakerjaan: Pengertian, kelompok dan Klasifikasi tenaga kerja
Daripada mencari produk makeup yang cocok secara terus-menerus, lebih baik melihatnya sebagai peluang usaha.
Orang tersebut bisa membuat produk makeupnya sendiri yang cocok bagi kondisi kulitnya dan menjual ke pasaran terutama pada orang dengan kondisi kulit yang sama.
- Melihat pesaing
Saat telah ditemukan peluang bisnis pada suatu sektor, melihat pesaing dalam sektor tersebut adalah hal yang penting.
Dilansir dari Smart Company, menganalisis pesaing usaha akan membantu identifikasi peluang bisnis, memperluas jangkauan pasar, hingga mengembangkan produk.
Penyebab kegagalan peluang bisnis
Dalam menangkap peluang bisnis terdapat dua kemungkinan, yaitu sukses maupun gagal. Berikut adalah penyebab kegagalan dalam memanfaatkan suatu peluang bisnis:
- Menganalisis peluang dengan asal
Walaupun terlihat merepotkan, menganalisis peluang usaha adalah suatu hal yang penting. Analisis peluang usaha dapat menjabarkan kekuatan, peluang atau kesempatan, kelemahan, serta ancaman atau resiko dalam suatu usaha.
Baca juga: Teknologi Informasi Digital: Pengertian, Lingkup Kerja, Kelebihan dan Kekurangan
Tanpa mengetahui keempat faktor tersebut, usaha akan sangat rentan mengalami kegagalan atau tidak bertahan lama.
- Manajemen yang buruk
Suatu usaha harus dibarengi dengan manajemen yang baik. Keuangan, tenaga kerja, metode produksi, sistem pemasaran, bahan baku, serta jam kerja harus diatur secara efisien dengan manjemen yang baik.
Manajemen yang buruk dapat mengakibatkan beragam masalah yang mempengaruhi bisnis. Misalnya terjadinya korupsi, hutang akibat biaya produksi yang terlalu tinggi, menumpuknya produk karena tidak ada pembeli, maupun keterlambatan produksi produk usaha.
- Sikap yang mudah menyerah
Dalam melihat peluang bisnis dilakukan analisis terhadap tren yang berlaku di masyarakat. Tidak jarang seseorang membuat bisnis karena mengikuti tren saja.
Imbasnya saat tren yang diikut padam di masyarakat, maka semangat dalam usaha tersebut juga akan padam dan usaha akan berujung pada kebangkrutan.
Sehingga usaha harus dibarengi dengan sikap yang semangat, konsisten, teliti, tegas, dan tidak asal-asalan.
Peluang Usaha: Pengertian, Kriteria, Cara, dan Penyebabnya - Kompas.com - KOMPAS.com
Klik Disini Lajut Nya
No comments:
Post a Comment