TEMPO.CO, Jakarta - Memulai usaha butuh kerja keras dan berisiko. Pemilik bisnis harus memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko, terutama saat memberikan produk atau layanan ke konsumen atau pasar, pada titik harga yang memenuhi tingkat permintaan konsumen.
ADVERTISEMENT
Mungkin untuk mengalahkan persaingan, pemilik bisnis menetapkan harga yang lebih rendah dari penawaran serupa namun berakibat terlalu rendah untuk jangka waktu yang lama sehingga tidak menutup uang yang keluar. Untuk perusahaan kecil, terutama dalam fase startup, hanya mendapatkan sumber dana dari pemodal ventura, investor, dan pinjaman bank konvensional. Tanpa masuknya dana dari proyek-proyek besar, maka perusahaan kecil terpaksa harus menutup bisnisnya.
Untuk melewati permasalahan ini, para usaha kecil perlu menetapkan anggaran yang realistis dalam operasi perusahaan dan bersedia menyediakan modal dari diri sendiri. Lalu, ketika sudah mendapatkan pendanaan, pemilik bisnis seharusnya sudah memiliki berbagai sumber yang dapat dimanfaatkan untuk modal.
Manajemen yang tidak memadai
Alasan ini karena kurangnya ketajaman bisnis, terutama di pihak tim manajemen atau pemilik. Meskipun memiliki keterampilan yang diperlukan, seringkali pemilik tidak memiliki atribut manajer yang kuat dan waktu untuk mengawasi karyawan lain dengan baik.
Pemilik bisnis yang cerdas dapat mengalihdayakan aktivitas yang tidak dilakukan dengan baik atau hanya memiliki waktu yang sedikit menjadi berhasil. Tim manajemen yang kuat adalah salah satu tambahan pertama yang dibutuhkan bisnis kecil untuk melanjutkan operasi dengan baik di masa depan.
Perencanaan bisnis yang tidak efektif
Usaha kecil sering mengabaikan pentingnya perencanaan bisnis yang efektif. Minimal rencana tersebut mencakup deskripsi bisnis yang jelas, kebutuhan karyawan, dan manajemen saat ini dan di masa depan, peluang dan ancaman pasar yang lebih luas, kebutuhan modal, inisiatif pemasaran dan analisis pesaing.
Pengusaha harus memiliki pemahaman yang kuat mengenai industri dan persaingan sebelum memulai usaha. Model bisnis dan infrastruktur spesifik perusahaan harus ditetapkan jauh sebelum produk atau layanan ditawarkan kepada pelanggan dan aliran pendapatan yang potensial dan realistis harus diproyeksikan jauh sebelumnya.
Kesalahan pemasaran
Pemilik bisnis sering gagal mempersiapkan kebutuhan, baik dalam modal, jangkauan prospek, dan proyeksi rasio konversi yang akurat. Memiliki proyeksi realistis dalam hal jangkauan target audiens dan rasio konversi penjualan sangat penting untuk keberhasilan kampanye pemasaran. Perlu diingat pemasaran merupakan aspek penting dari setiap bisnis tahap awal. Penting bagi perusahaan untuk memastikan mereka telah menetapkan anggaran yang realistis untuk kebutuhan saat ini dan masa depan.
Baca juga: 6 Langkah yang Diperlukan Sebelum Memulai Bisnis Dropship
Lihat Juga
Sebab Usaha Skala Kecil Mudah Gulung Tikar - Tempo
Klik Disini Lajut Nya
No comments:
Post a Comment