KOMPAS.com – Usaha adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Ada berbagai peluang usaha yang bisa dijalankan, namun manakah peluang usaha yang baik?
Ciri-ciri peluang usaha
Berikut ciri-ciri peluang usaha yang bisa memberikan keuntungkan buat kamu:
Ketersediaan sumber daya yang baik
Peluang usaha yang baik memiliki ketersediaan sumber daya yang baik pula. Ketersediaan sumber daya dapat berupa sumber daya manusia yang mumpuni secara keterampilan dan pendidikan, modal usaha, dan juga kemudahan mendapatkan bahan usaha dengan harga yang murah.
Memiliki pasar
Peluang usaha yang baik harus memiliki pasar, karena tanpa pembeli suatu usaha tidak akan berjalan dengan lancar.
Dilansir dari The Balance Small Business, mengetahui yang diinginkan dan dibutuhkan pasar, menemukan target pasar, dan menentukan proporsi penjualan yang unik sangat penting bagi kesuksesan usaha.
Baca juga: Metode Analisis Kelayakan Usaha dan Pengertiannya
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email
Faktor resiko kecil
Mengutip dari Investopedia, mengidentifikasi resiko bisnis adalah bagian penting dari perencanaan strategi bisnis untuk menemukan peluang bisnis terbaik.
Resiko usaha dapat berupa resiko fisik yang mencakup keamanan usaha ataupun resiko kegagalan yang timbul dari pasar maupun persaingan dengan kompetitor.
Peluang usaha yang baik memiliki faktor resiko yang kecil dan telah diperhitungkan penangannya. Sehingga saat resiko tersebut terjadi, perusahaan terhindar dari kerugian besar dan tetap dapat berjalan dengan baik.
Tidak bersifat musiman
Peluang usaha yang baik biasanya tidak bersifat musiman. Artinya, usaha tersebut memiliki potensi yang berkelanjutan dan tidak hanya berjalan pada masa-masa tertentu saja.
Peluang usaha yang tidak musiman cenderung lebih stabil daripada usaha musiman yang menghadapi naik turun bisnis secara terus-menerus dan rentan akan kegagalan.
Baca juga: Peluang Usaha: Pengertian, Kriteria, Cara, dan Penyebabnya
Bertahan lama
Peluang usaha yang baik adalah usaha yang sekiranya bisa berjalan dalam waktu yang lama. Usaha yang bertahan lama memiliki masa depan dan peluang pengembangan yang lebih besar dibandingkan dengan usaha yang tidak bertahan lama karena rentan akan kegagalan.
Kelayakan usaha
Peluang usaha yang baik adalah yang layak untuk dijalankan. Yang dimaksud layak adalah usaha dapat memberikan keuntungan, memiliki nilai kerugian yang kecil, memiliki tujuan yang terukur, dan memiliki produk yang baik.
Skala usaha yang dapat berkembang
Peluang usaha yang baik memiliki prakiraan skala usaha yang bisa berkembang. Di mana usaha memiliki kemungkinan untuk berkembang dari skala kecil ke skala yang lebih besar. Sehingga terdapat tujuan yang bisa dicapai untuk pengembangan usaha.
Ide usaha yang orisinil
Peluang usaha yang baik adalah yang terlahir dari ide yang orisinil. Usaha yang orisinil atau asli dan bukannya menyontek usaha lain, memiliki nilai kekhasannya sendiri yang menjadi keuntungan dalam pasar.
Baca juga: Unsur-unsur Mengurangi Risiko dalam Usaha
Dapat menciptakan hubungan
Peluang usaha yang baik dapat menciptakan hubungan baik antar pemilik usaha dengan pembeli, pemasok sumber daya, maupun dengan pemilik usaha yang lainnya. Usaha dengan hubungan bisnis yang baik cenderung dapat berkembang lebih besar dan cepat.
Mudah menyesuaikan dengan keadaan
Dilansir dari Forbes, pasar dan persaingan terus berubah sehingga usaha harus memiliki kelincahan dan usaha perbaikan secara terus-menerus untuk mempertahankan pasar. Sehingga, kemampuan menyesuaikan diri dalam usaha dapat menjadi peluang baik bagi bisnis.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.10 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik - Kompas.com - KOMPAS.com
Klik Disini Lajut Nya
No comments:
Post a Comment