TEMPO.CO, Jakarta - Buat yang ingin menjadi pemilik usaha sukses, Anda tentu membutuhkan pedoman untuk melewati berbagai tantangan. Dilansir dari CNBC, CEO Zero Grocery, Zuleyka Strasner, menceritakan mengenai kesulitannya dalam membangun sebuah perusahaan.
Perusahaan rintisan Zero Grocery kini memiliki ribuan pelanggan dan memiliki pendapatan sekitar USD 500.000 per bulan pada 2021. Perusahaan ini telah mengumpulkan sebanyak USD 16,5 juta. Apa saja tantangan yang dialami oleh para pengusaha? Berikut penjelasan Strasner.
Hal yang sulit
Dalam merintis usaha, menskalakan perusahaan merupakan hal yang sulit. Ia mengatakan walaupun telah diberi tahu berkali-kali, ketika menjalaninya maka Anda tidak akan mengerti dan memahami betapa sulit hal tersebut.
Menciptakan budaya
Menciptakan budaya adalah hal yang penting karena mendefinisikan setiap keputusan yang dibuat. Keputusan tersebut juga akan menentukan masa datang. Oleh karena itu, dalam menciptakan budaya, hal ini tidak terkait dengan bersenang-senang saja. Hal ini juga perlu terutama untuk mendapatkan anggota tim. Budaya sendiri kemudian berperan penting karena Anda mungkin tidak dapat mengontrol apa yang tim lakukan setiap menit, setiap hari.
Menjaga integritas
Ketika skala perusahaan meningkat, maka tingkat layanan yang diberikan tentunya akan berubah. Contohnya, tingkat pelayanan akan berbeda ketika melayani 10.000 pelanggan dibandingkan 10. Untuk itu, Anda harus memiliki dan mempertahankan integritas karena hal ini akan terkait dengan permasalahan skala dan fondasi bisnis.
Penggalangan dana
Jika ingin melakukan skala untuk perusahaan, maka Anda perlu investasi. Anda perlu terus-menerus melangkah maju agar bisnis dapat terus berjalan. Untuk itu, penggalangan dana menjadi hal yang cukup sulit. Jika tidak mendapatkan pendanaan, maka Anda perlu berusaha seperti bagaimana mendapatkan pelanggan dan sumber secara gratis. Ketika berada di hal tersebut maka Anda akan menemukan cara kreatif dengan cara sendiri. Dalam hal ini, Anda benar-benar memerlukan semangat pengusaha.
Memproses umpan balik
Banyak orang yang memiliki niat baik untuk memberi tahu bagaimana dan apa seharusnya yang dapat dilakukan. Untuk itu, Anda dapat meminta umpan balik. Namun, perlu diketahui Anda tidak memiliki tujuan untuk menyenangkan semua orang di sekitar. Hal ini tidaklah berhasil. Anda juga perlu mempertimbangkan melakukan sesuatu yang benar-benar revolusioner dan yang tidak.
Baca juga: Tips Pilih Kemasan untuk Usaha Kuliner
Macam Tantangan Pemilik Usaha dan Cara Mengatasinya - Gaya Tempo.co
Klik Disini Lajut Nya
No comments:
Post a Comment