Merdeka.com - Bagi Anda yang ingin memulai berbisnis, usaha kuliner layak untuk dicoba. Usaha kuliner menjadi salah satu usaha yang seringkali laku dan banyak dicoba oleh para wirausahawan. Banyaknya outlet-outlet makanan dan minuman yang tersebar di pinggir jalan menjadi bukti.
Selain potensi keuntungannya, usaha kuliner juga bisa menjadi bisnis yang menyenangkan. Anda dapat menjual makanan atau minuman kekinian, atau juga bisa menjual resep sendiri.
Namun, sama seperti jenis usaha lainnya, usaha kuliner tetap tidak lepas dari ancaman kegagalan. Meski outlet makanan dan minuman banyak diminati, namun tidak sedikit pula dari mereka yang terpaksa menutup usahanya.
Oleh karena itu, penting bagi para pengusaha untuk berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan usahanya. Cara mengembangkan usaha kuliner bisa melibatkan banyak hal, seperti SDM yang dimiliki hingga tren yang sedang terjadi. Berikut kami sampaikan beberapa cara mengembangkan usaha kuliner:
2 dari 4 halaman
Meningkatkan Kualitas SDM
Melansir dari smarter tech, cara mengembangkan usaha kuliner yang pertama adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Hampir dalam setiap bisnis, kualitas SDM berperan penting dalam kemajuan suatu usaha. Begitu juga dalam usaha kuliner. Meski memiliki modal besar, tapi jika tidak bisa memasak, maka Anda bisa merekrut juru masak saat ingin membuka usaha kuliner.
Tak hanya urusan dapur, pramusaji yang akan melakukan kontak dengan konsumen juga harus ditingkatkan. Sikap ramah dan sopan adalah sesuatu yang harus ditekankan pada mereka ketika melayani konsumen.
©2015 Merdeka.com/Qraved
Mendesain Tempat Semenarik Mungkin
Cara mengembangkan usaha kuliner yang kedua yaitu dengan mendesain tempat usaha Anda semenarik mungkin. Seiring berkembangnya zaman, tempat makan saat ini bukan hanya untuk mengenyangkan perut saja. Tapi juga sebagai tempat nongkrong atau tempat yang nyaman bagi konsumen untuk berlama-lama di sana.
Oleh karena itu, untuk menarik konsumen, jangan hanya mengandalkan menu makanan yang lezat tanpa memperhatikan kondisi ruangan untuk mereka makan. Mereka mungkin akan tetap makan, tapi ke depannya bisa saja mereka memilih tempat lain yang lebih nyaman.
Selain tempat makan yang nyaman dan menarik, sebisa mungkin sediakan fasilitas lain agar konsumen semakin betah berlama-lama di tempat makan Anda. Salah satunya bisa dengan menambahkan fasilitas WiFi bagi konsumen yang makan di tempat Anda.
3 dari 4 halaman
Buat Menu yang Variatif dan Inovatif
Cara mengembangkan usaha kuliner yang ketiga yakni dengan membuat menu yang variatif dan inovatif. Jika sudah yakin dengan rasa hidangan Anda, maka langkah selanjutnya adalah tampilan hidangan tersebut. Karena yang pertama kali merasakan hidangan bukanlah lidah melainkan mata, maka tampilan yang kurang menarik justru dapat menghilangkan minat konsumen untuk mencicipinya.
Ini juga berlaku sebaliknya, jika tampilan yang disajikan sudah menarik dan cantik, tapi ternyata rasanya kurang enak di lidah, maka konsumen juga enggan untuk kembali ke restoran kita. Oleh karena itu, kreativitas dan inovasi sangat diperlukan dalam mengolah menu agar hidangan kita tampak menarik di mata dan lezat di lidah.
Gunakan Strategi Promosi
Cara mengembangkan usaha kuliner yang keempat adalah dengan menggunakan strategi promosi. Dalam setiap usaha, promosi merupakan cara efektif untuk memperkenalkan produk kita ke masyarakat.
Anda bisa melakukannya secara offline maupun online, meski saat ini promosi online lebih efisien karena dapat menjangkau lebih banyak orang. Anda perlu mempersiapkan strategi promosi yang dapat diterima dan menarik minat konsumen untuk datang ke restoran Anda.
4 dari 4 halaman
Manfaatkan Media Sosial
Cara mengembangkan usaha kuliner yang kelima yakni dengan memanfaatkan kekuatan media sosial. Media sosial merupakan platform yang sangat membantu Anda ketika ingin melakukan promosi. Namun, Anda juga harus meningkatkan kualitas media sosial, agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen.
Ada banyak channel marketing yang bisa Anda gunakan dalam promosi. Dan media sosial adalah salah satu yang wajib digunakan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti untuk meningkatkan kualitas media sosial Anda:
- Bentuk tim kecil yang khusus sebagai pengelola untuk bertugas mengelola konten promosi di media sosial.
- Menentukan tujuan dari promosi melalui media sosial.
- Buat perencanaan untuk pembuatan konten beserta jadwalnya agar aktivitas media sosial lebih teratur dan terdokumentasi dengan baik.
- Memberikan respons terhadap komentar dari para pengguna media sosial di postingan yang dipublish.
- Iklankan usaha kuliner Anda di media sosial, dengan memasang iklan melalui Facebook Ads dan juga Instagram Ads.
- Lakukan monitoring terhadap usaha marketing yang terlibat di media sosial, minimal dengan melihat berapa banyak jumlah like, konten populer yang pernah dibuat dan juga engagements.
Daftarkan Usaha di Aplikasi Pesan Antar Online
Cara mengembangkan usaha kuliner yang terakhir yaitu dengan mendaftarkan usaha Anda di aplikasi pesan antar online. Dengan berkembangnya zaman, kini banyak orang lebih suka membeli makanan dan minuman melalui aplikasi pesan antar online.
Anda dapat memanfaatkan kebiasaan masyarakat ini dengan memasukkan tempat makan Anda ke berbagai aplikasi pesan antar makanan online untuk memperluas jangkauan usaha Anda. Dengan begitu usaha kuliner Anda akan semakin dikenal, dan pastinya dapat meningkatkan omset.
[ank]Cara Mengembangkan Usaha Kuliner, Buat Bisnis lebih Maju | merdeka.com - Merdeka.com
Klik Disini Lajut Nya
No comments:
Post a Comment