TEMPO.CO, Jakarta - Menjelang Ramadan, para pelaku usaha mulai mencari cara untuk menjaga bisnis tetap berjalan lancar serta selalu terhubung dengan para pelanggan. Salah satu sarana yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan adalah Whatsapp Bisnis.
Berikut lima strategi agar bisa terus meningkatkan penjualan dan memastikan usaha dapat berjalan lancar menggunakan Whatsapp.
Bangun pengalaman menyenangkan dengan pelanggan
Bagi pelaku usaha kecil di Indonesia, WhatsApp telah menjadi bagian penting dari aktivitas sehari-hari. Mereka dapat menggunakan WhatsApp sebagai situs web dan konter toko virtual untuk menampilkan produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan mendorong tingkat penjualan. Jadi, pemilik bisnis harus siap ketika pelanggan datang.
Contohnya, pebisnis dapat memperbarui informasi jam kerja di profil usaha pada aplikasi WhatsApp Bisnis untuk memberitahu usaha tetap buka selama Ramadan, terutama jika jam operasional berbeda dari biasanya. Bisa juga mengirim pesan untuk menyampaikan kepada pelanggan ketika toko sedang tidak bisa dihubungi karena sedang salat Subuh atau Maghrib.
Buat pelanggan lebih terhubung dengan bisnis
Mengirim pesan yang dipersonalisasi menciptakan koneksi dan meningkatkan relevansi pesan, mengarahkan pengguna menggunakan tombol balasan cepat, daftar, call to action. Menggunakan pesan produk dengan keranjang dan pilihan produk adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan pengalaman interaktif yang meningkatkan keterikatan dan kualitas. Jika toko memiliki produk, penawaran, atau promosi khusus selama Ramadan, ada baiknya Anda menyorotnya di katalog. Hal ini bertujuan agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan apa yang ingin dibeli.
Tarik pelanggan baru
Untuk usaha kecil, menemukan pelanggan baru adalah hal yang sangat penting. Setelah berhasil menawarkan pengalaman yang berharga kepada pelanggan, penting untuk mengarahkan lebih banyak orang untuk mengunjungi kanal WhatsApp bisnis Anda. Tambahkan kode QR ke etalase, situs web, kemasan produk, dan materi pemasaran agar dapat dengan mudah dipindai dan ditautkan ke WhatsApp. Kode QR dapat ditemukan melalui pilihan Alat Bisnis → Pintasan. Anda juga dapat dengan mudah berbagi kode QR dengan orang lain melalui aplikasi.
Tingkatkan kunjungan di media sosial
Banyak pelaku usaha kecil dan menengah yang kini hadir di Instagram dan Facebook. Dengan menggunakan Alat Bantu Bisnis, pemilik usaha dapat menambahkan tombol WhatsApp ke akun Facebook atau Instagram sehingga ketika pelanggan mengklik tombol tersebut, percakapan di aplikasi WhatsApp Bisnis akan segera dimulai. Hal tersebut akan memungkinkan pelanggan yang menjelajahi toko di platform tersebut untuk memulai percakapan di WhatsApp, mengajukan pertanyaan, atau melakukan pemesanan dengan mudah.
Untuk menemukan pelanggan baru, Anda bisa membuat iklan Facebook dan Instagram yang ketika diklik akan membuka percakapan WhatsApp. Iklan ini merupakan cara yang sangat efektif dan ampuh untuk menarik pelanggan baru dan memudahkan mereka untuk berkirim pesan dengan bisnis Anda.
Pastikan bisnis tetap terorganisir dengan baik
Ramadan adalah waktu yang sangat menyibukkan bagi berbagai bisnis, terutama karena sebagian besar aktivitas perdagangan terkonsentrasi hanya dalam beberapa jam sehari. Mengingat potensi arus percakapan dari pelanggan baru, sangat penting untuk menjaga bisnis dan percakapan tetap terorganisir.
Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan koleksi katalog untuk mengelompokkan dan mengatur produk ke dalam kategori tertentu sehingga memudahkan pelanggan untuk menelusuri produk Anda. Untuk melacak percakapan, tandai percakapan tertentu dengan deskripsi yang dapat disesuaikan untuk melacak hal-hal seperti pembayaran yang tertunda dan pelanggan baru.
Pilihan Editor: Kiat Memuaskan Pelanggan bagi Pelaku Usaha
Tips buat Pelaku Usaha agar Penjualan Lancar selama Ramadan - Gaya Tempo.co
Klik Disini Lajut Nya
No comments:
Post a Comment