Rechercher dans ce blog

Monday, February 20, 2023

Erick Thohir Ingin Bunga Nol Persen Kredit Usaha Mikro Segera Rampung Dibahas dengan BI - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap usulan bunga pinjaman nol persen bagi usaha mikro bisa segera rampung dibahas dengan Bank Indonesia.

"Saya sudah mengutus dua Wamen (Wakil Menteri BUMN) Pak Pahala dan Pak Tiko untuk membahas ini dengan BI. Kami berharap satu bulan bisa tuntas," ujar Erick dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, 20 Februari 2023.

Ia menyatakan usulan bunga pinjaman nol persen sebagai bentuk pendanaan murah bagi pelaku usaha mikro ini sebelumnya telah disampaikan ke Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Adapun kedua wakil menteri BUMN, Pahala Mansury dan Kartika Wirjoatmodjo masing-masing membahas pendanaan BUMN di sektor pangan dan perluasan pendanaan untuk program Mekaar.

Erick berharap bunga kredit nol persen untuk pelaku usaha mikro bisa terealisasi sesegera mungkin. Hal ini juga sebetulnya telah mendapat lampu hijau dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas beberapa waktu lalu.

"Usulan ini sudah mendapat dukungan dari Bapak Presiden karena memang sudah ada rapat terbatas. Tinggal bagaimana sekarang kita mendorong hal ini menjadi kenyataan," ucap Erick. "Jangan sampai kesannya yang besar dapat bunga jauh lebih besar dari yang mikro. Ini yang selalu kita coba seimbangkan."

Selama ini, kata Erick, sektor usaha mikro yang masuk dalam UMKM punya andil besar dalam menopang perekonomian nasional. Sektor UMKM telah menyumbang produk domestik bruto (PDB) Indonesia hingga 62,55 persen dan juga berkontribusi pada serapan tenaga kerja hingga 97,22 persen.

Selanjutnya: Meski begitu, porsi pembiayaan lembaga pembiayaan...

Adblock test (Why?)


Erick Thohir Ingin Bunga Nol Persen Kredit Usaha Mikro Segera Rampung Dibahas dengan BI - Bisnis Tempo.co
Klik Disini Lajut Nya

No comments:

Post a Comment

Modal Kecil, Ini Ide Usaha Handmade dari Bahan Semen ala Warga Laweyan Solo - Solopos.com

[unable to retrieve full-text content] Modal Kecil, Ini Ide Usaha Handmade dari Bahan Semen ala Warga Laweyan Solo    Solopos.com Modal Ke...